Perbedaan Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan

  1. Perbedaan Sel Tumbuhan Dan Sel Hewan
Sel Tumbuhan
pada sel tumbuhan terdapat organel – organel tertentu yang tidak terdapat pada sel hewan anatar lain : dinding sel , plastida dan vakuola.


Sel Hewan
Sel hewan tdak memiliki dinding sel dan plastida seperti halnya pada sel tumbuhan. Protoplasmanya hanya dilindungi oleh membran tipis yang tidak kuat. Sehingga bentuk sel hewan umumnya tidak tetap seperti bentuk sel tumbuhan. Organel yang hanya terdapat pada sel hewan adalah sentriol dan lisosom.
Transport pada membran sel
  1. Transport pasif
Transport pasif adalah transpor pada membran yang tidak memerlukan energi, misalnya difusi dan osmosis.
A.      Difusi
Difusi adlah perpindahan zat padat , cair, maupun gas dari larutanberkonsentrasi tinggi (hipertonis) kelarutan yang brkonsentrasi rendah (hipotonis ) melalui membran plasma  ataupun tidak. Sehingga konsentrasi larutan tersebut sama ( isotonis ). Difusi dibedakan menjadi 2, yaitu difusi sederhana dana difusi terbantu.
1)      Difusi sederhana, misalnya molekul gula akan menyebar keseluruh volume air di gelas meskipun tanpa di aduk.
2)      Disusi terbantu (facillitated difussion), adalah prosses difusi yang memerlukan bantuan protein pembawa ( carrier protein), misalnya enzim. Pada proses difusi terbantu, molekul – molekul seperti asam amino , gula , tidak dapat melati membran plasma. Akan tetapi , molekul tersebut melewati saluran yang dibentuk oleh protein pembawa.
B.      Osmosis
Osmosis adalah perpindahan air atau zat pelarut dari larutan  hipotonis ke larutan hipertonis melalui membran semipermeabel. Osmosis dapat memungkinkan beberapa peristiwa seperti berikut.
1)      Lisis yaitu robeknya membran plasma sel jika sel dimasukan kedalam larutan hipotonis dibandingkan sel tersebut.
2)      Krenasi yaitu mengerutnya sel jika sel dimasukan kedalam larutan hipertonis dibandingkan sel tersebut.
3)       Plasmolisis yaitu lepasnya membran plasma dari dinding sel tumbuhan jika sel tumbuhan dimasukkan kedalam larutan hipertonis.
  1. Transpor aktif
Transport aktif adalah transpor pada membran yang memerlukan energi untuk keluar masuknya ion atau molekul zat melalui membran sel. Transpor aktif bersifat melawan gradien konsentrasi dengan menggunakan energi ATP (adenosin triphospat). Transport aktif pada membran sel yaitu sebagai berikut.
a.       Pompa Natrium-Kalium
Proses ini terjadi bila konsentrasi ion kalium ( di dalam sel lebih tinggi dibandingkan sekelillingnya, sedangkan konsentrasi ion natrium ()- nya jauh lebih rendah. Oleh karena itu , membran plasma akan memompakan ion natrium ke luar sel dan ion kalium kedalam sel, sehingga di peroleh kesetimbangan.
b.      Endositosis
Endositosis adalah peristiwa masuknya zat padat atau cair melalui membran. Endositosis dibedakan menjadi pinositosis dan fagositosis.
1)      Pinositosis yaitu peristiwa sel memakan zat cair.
2)      Fagositosi  yaitu peristiwa sel memakan zat padat dari lungkungan luar dan menangkapnya dalam suatu vakuola makanan . comtoh : sel darah putih dan amoeba  yang memakan bakteri.
c.       Eksositosis

Eksositosis adlah pengeluaran zat padat ataua cair melalui membran. Contoh eksositosis adalah proses sekresi enzim oleh kelenjar. Misalnya sel – sel penghasil enzim pencernaan menyekresikan enzim itu kedalm usus 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anas Blogger 21 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger