ciri - ciri virus

ciri - ciri virus

virus merupakan mahluk oranisme peralihan antara benda mati dengan mahluk hidup. di katakan benda mati karena sebab virus dapat di kristalkan sedangkan kenapa dikatakan bendaa hidup karena virus mempunyai sebagian ciri-ciri yang dimiliki oleh sebuah mahluk hidup, misalnya dapat memiliki keturunan atau berkembang biak dan memiliki salah satu asam nukleat (DNA atau RNA) dengan selubung protein.
adapun ciri-ciri virus yang dimiliki sebagai berkut :
a. bersifat parasit obligat. artunya virus dapat berkembang atau hidup apabila virus ini berada didalam sel-sel mahluk hidup yang ditinggalinya.
b. tidak dapat membelah diri, tidak bernafaas, tidak tumbuh, dan tidak megalami ekskresi
c. tidak dapat bergerak maupun melakukan metanolisme sendiri.
d. tidak dapat di endapkan dengan sentrifungsi biasa , tapi virus ini dapat di kristalkan

peranan virus dalam kehidupan kita sehari hari.
1. virus yang merugikan bagi manusia atau mahlukhidup di sekitarnya.
pada umumnya virus bersifat merugikan , karena virus dapat menginfeksi tumbuhan hewan bahkan manusiapun terkadang dapat terserang penyakit sehingga menimbulkan penyakit.

A.   Penyakit pada Manusia.

1. AIDS, disebabkan oleh virus HIV yakni HUMAN IMMUNO DEFICIENCY VIRUS virus jenis ini yang diserang yakni pada sel-sel darah putih jenis limfosit T.
2. HEPATITIS, penykait yang sering dialami oleh manusia baik muda maupun tua ini disebabkan oleh virus yang bernama Hepatitis Virus, ada 5 diantaranya virus hepatists yang dapat menginfeksi manusia yakni virus yang dapat menyebabkan penyakit hepatitis A,B,C,D dan E.
3. GONDONG, virus yang menyebabkan penyakit ini bernama Mumps Virus, virus ini menyerang biasanya bagian kelenjar ludah sehingga terkadang menimbulkan bengkak di bagian belakang telinga.
4. Kutil pad kulit, penyakit yang sering kita alami ini disebbkan oleh sebuah virus yang bernama Human papilomavirus penykit ini biasanya di tandai dengan adanya benjolan pada kulit dimana jika benjolan ini tidak segera ditangani lebih lanjut tidak jarang virus ini terkadang berubah menjadi kanker.
5. CAMPAK, penyakit yang sering diderita balita ini sebenarnya juga di sebabkan oleh sebuah virus juga yakni virus golongan Paramyxovirus yang tidak mengandung Neurominidase.
6. Cacar Air. Disebabkan oleh virus dengan nama virus Vricella zoste. virus jenis ini sangat mudah sekali berpindah dari satu mahluk hidup ke mahluk hidup lainya bayangkan saja virus jenis ini dpat menular hanya dengan lewat persilan ludah saja mahluk hidup lain dapat terinfeksi juga virus ini atau bisa juga dengan benda benda yang terkontaminasi dengan sipenderita.
7. Herpes. penyakit ini disebabkan oleh virus Herpes simplex virus atau herpes zoster, pada umumnya virus ini masuk kedalam tubuh melalui luka - luka kecil yang terdapat di kulit.

B. Penytkit pada hewan.

1. Tetelo, Penykit yang menyerang unggas terutama pad ayam. penyebabnya adalah virus NCD yakni New Castle Desease.
2. Tumor pada unggas , disebbakan oleh virus yang bernama RSV (Rous Sarcoma Virus)
3. Cacar Pada sapi disebkan oleh virus Vicinia virus.
4. Rabies, penykait pada anjig , kucing dan monyet . disebbakan oleh virus yang bernama virus golongan Rhabdovirus.
5. Flu Burung , Penykait ayng menyerang unggas ini disebbakan oleh virus avian influenza tipe A dari famili Orthomyxoviridae.

C. Penykita pada tumbuhan
1. Mosaik Virus, penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama Virus TMV ( Tobacco Mosaic Virus). Virus ini biasanya menyerang tumbuhan yang menakibatkan terajadi bercak kuning pada daun tumbuhan yang di infeksi virus jenis ini seperti contoh pada tumbuhan tembakau, kedelai , tomat , kentang , kacang dan beberapa jenis labu.
2. Daun Menggulung. penyakit yang menyebabkan daun tumbuhan yang terinfeksi menjadi menggulung biasanya penyakit jenis ini menyerang tumbuhan seperti tembkau , kapas , dan lobak. penyakit ini di sebabkan oleh virus TYMV (Turnp Yellow mosaic virus).
3. Degenerasi floem batng jeruk disebabkan oleh Virus CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration) Virus jenis ini menyerang pada bagian luar tumbuhan yakni pada bagian pembuluh tapis  (Kulit) pad pohon jeruk.
4.Penykit batang kerdil, yang meyebabkan sebuah tumbuhan menjadi terhambat pertumbuhanya yakni menjadi kerdil, yakni disebabkan oleh virus  tungro. Virus jenis ini biasanya sering menyerang tanaman padi dan tembakau.
Share this article :

+ comments + 1 comments

September 28, 2016 at 3:24 PM

semoga sukses dengan websitenya gan dan saya akan mendukung anda gan
http://www.poin4d.com/

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anas Blogger 21 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger