Hakikat Biologi







Hakikat Biologi
a. Ruang Lingkup biologi
menurut dari bacaanya biologi berasal dari kata BIOS yang berarti hdup dan logos yang berarti ilmu pnegetahuan. jadi Biologi dapat di definisikan sebagai ilmu yang mempelajari mahluk hidup . sebagai ilmu pengetahuan ilmu biologi mengkaji berbagai persoalan yag berkaitan dengan berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan.

1. objek biologi

objek biologi meliputi seluruh mahkluk hidup . pada awalnya biologi memiliki 3 ragam objek berupa kerajaan (kingdom), yaitu plantae (dunia tumbuhan) , animalia ( dunia hewan) dan protista . sejalan dengan mahluk hidup yang semula dibagi 3 kingdom semenjank akhir abad ke-19 ragam objek biologi berkembang menjadi 5 kingdom , yaitu plantae , animalia , protista , monera , dan fungi. dalam perkembangan terahir dunia mahluk hidup di klasifiasikan menjadi 6 kingdom yaitu plantae , animalia, protista , fungi , eubacteria dan archaebacteria.

2. tema persoalan bilogi

objek objek kajian biologi akan semakin berkembang dengan kemajuan iptek , sehingga kajian masing - masing object semakin kompleks dan rumit. adapun kajian tersebut meliputi berbagai tema persoalan niologi yaitu sebagai berikut.
A. biologi (sains) sebagai proses inkuiri (penemuan)
B. Sejarah perkemabangan konsep Biologi
C. Evolusi
D. Keanekaragaman dan keseragaman
E. Genetik dan keberlangsungan hidup
F. organisme dan lingkungan
G. Perilaku
H. Strukutr Dan Fungsi
I. Regulasi
untuk memudahkan mempelajari tema persoalan biologi maka objeck - objek biologi di pilah - pilah menurut tngkatan tingkatan yang dikenal dengan tingkatan organisasi kehidupan. adapun tingkatan organisasi kehidupan dari urutan yang paling sederhana hingga yang paling kompleks adalah molekul, sel , jaringan , organ, sistem organ, indibidu / oranisme , populasi, komunitas , ekosistem dan bioma

A. Tingkat Molekul
kajian biologi pada tingkat molekul meliputi berbagai jenis biomolekul yang menjadi penyusun tubuh mahluk hidup . misalnya air, protein, lemak, karbohidrat , vitamin , DNA dan RNA.

B. Tingkat Sel
kajian biologi pada tingkat sel meliputi morfologi dan jenis sel , organiel sel , fungsi sel, metabolisme sel tranpoertasi sel , transportasi dalam sel serta cara sel berreproduksi.

C. Tignkat Jaringan
Kajian bioloagi pada tingkat jaringan meliputi macam jaringan , komponen jaringan, fungsi jaringan , komponen penyusun jaringan , serta pembentukan perkembangan jaringan.

D. Tingkat Organ
Meliputi jenis organ, penyusun organ , fungsi organ perkembangan organ transplantasi organ serta kelainan pada organ.

E. Tingkant Sistem Organ
Meliputi macam sistem , penyusun sistem fungsi dari berbagai sistem, cara keja sistem , dan kelainan sistem.

F.Tingkat Individu / Organisme
meliputi jenis organisme, kedudukan organisme, dalam taksonomi , cara memperoleh makanan , cara bereproduksi, cara beradaptasi  , dan lain lain.

G. Tingkat Populasi
Meliputi perkembangan populasi, jumlah kelahiran(natalitas), jumlah kematian(mortalitas), perpindan (Migarsi), dan kompetisi dalam organisasi

H. tingkat komunitas
Meliputi kondisi lingkungan, hubungan timbal balik , interaksi antar mahluk hidup yang satu dengan yang lain, dan cara beradaptasi

I. Tingkat Ekosistem
Meliputi jenis ekosistem , komponen penyusun ekosistem, hubungan timbal balik antar mahluk hidup dengan lingkungan , rantai makanan, jaring jaring makanan,dan aliran energi serta pengaruh pencemaran terhadap organisme di dalam suatu ekosistem dan karakteristik ekosistem yang tercemar.

J. Tingkat Bioma
Meliputi Macam - macam bioma , ciri - ciri bioma , dan ciri - ciri Iklim yang mempengaruhi , serta tumbuhan dan hewan khas yang terdapat dalam bioma.
Share this article :

+ comments + 1 comments

September 28, 2016 at 3:24 PM

terus berkembang gan dan tetap maju kedepannya
http://www.poin4d.com/

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anas Blogger 21 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger