Manfaat Dan Bahaya Perkembangan Biologi bagi Kehidupan

C. Manfaat Dan Bahaya Perkembangan Biologi bagi Kehidupan

Ilmu biologi mengalami perkembangan yang sangat pesat, hal ini di tandai dengan munculnya berbagai macam cabang biologi baru . perkembangan bilogi ini jika di manfaatkan dengan baik dan untuk tujuan kesejahteraaan manusia akan memberikan manfaat yang begitu besar. berikut ini beberapa manfaat perkembangan ilmu biologi.
1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan, makanan , pakaian, peralatan, dan perumahan serta energ.
2. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu manusia untuk meningkatkan prosukai pangan.
3. Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat , dan gen sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari.
4. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit baik pad manusia, hewan, dan tumbuhan.
5. Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme penglah limbah yang telah ditenukan peneliti.

Dari beberpa manfaat di atas, tidak sedikit pula orang yang menyalahgunkan perkembangan pengetahuan Biologi sehingga dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. beberapa bahaya pekembangan pengetahuan biologi jika disalahgunakan sebagai beikut.

1. Mengekploitasi kekayaan alam tanpa memerhatikan kebtuhan ekosistem sehingga tatanan lingkungan menjadi rusak dan mengakibatkan banjir.
2. Penggunaan bakteri dan firus yang mematikan yang digunakan sebagai senjata biologis dapat merusak lingkungan biotik maupun abiotik.
3. organisme baru hasil rekayasa genetika dikhawatirkan akan dapat memenagkan kompetisi dan meningkirkan organisme yang telah ada di dalam sehigga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
4. Penggunaan biit unggul mengkibatkan berkurangnya keanekargaman hayati.
5. Penggunaan pestisida dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida yang tertinggal dapat mencemari lingkungan.
Share this article :

+ comments + 1 comments

August 6, 2019 at 6:33 PM

Banyak typo nya astaga, XD

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anas Blogger 21 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger